Black Exchange Market

Peran Pendidikan dalam Pembentukan Masyarakat dan Tujuannya

Peran Pendidikan dalam Pembentukan Masyarakat dan Tujuannya

Kecerdasan moral, menurut Eko dan Yunus (2021), adalah kemampuan seseorang untuk memahami apa yang benar dan salah, serta memiliki keyakinan etika yang kuat dan bertindak berdasarkan keyakinan tersebut, sehingga ia bersikap benar dan terhormat. Kebaikan hati, karakter kuat, dan menjadi warga negara yang baik adalah sifat-sifat utama yang dapat mengantarkan seseorang menjadi warga negara yang baik.

Masyarakat sangat membutuhkan dan sangat pentingnya pendidikan. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan banyak kejahatan, termasuk kehilangan hubungan dengan Tuhan, penurunan moral, dan penurunan prestasi. Sekarang, masalah utama bagi remaja Indonesia adalah seks bebas. Sebanyak 35,9 persen remaja memiliki teman yang sudah pernah melakukan hubungan seksual sebelum menikah, menurut data BKKBN. Ini jelas memprihatinkan masa depan generasi muda Indonesia.

Perjuangan Pemerintah untuk Meningkatkan Pendidikan Masyarakat

Jika dibandingkan dengan negara lain di dunia, sistem pendidikan Indonesia termasuk di antara yang paling buruk (OECD, 2016). Salah satu alasan mengapa ini terjadi adalah kualitas pendidikan yang buruk. Menurut Maulana et al., 2020

Merubah bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan banyak waktu dan uang. Pemerataan pendidikan adalah salah satu janji pemerintah untuk mencerdaskan negara. Sebagai dasar untuk sistem pendidikan nasional, pasal 31 UUD 1945 menetapkannya. Pendidikan nasional bergantung pada UU No. 20 Tahun 2003. Pemerintah juga telah melakukan upaya untuk memberikan anggaran sekurang-kurangnya 20% dari belanja daerah untuk mendanai pendidikan di bawah kewenangan provinsi atau kabupaten. Peraturan Pemerintah No 81.

Anggaran Indonesia masih kurang dari 4% dari PDB, jauh di bawah negara lain yang mengalokasikan antara 4-7 persen dari PDB. Walaupun demikian, anggaran untuk pendidikan telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, menunjukkan bahwa pemerintah sedang berkonsentrasi untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan demi mewujudkan “Indonesia Emas 2045”.

Kesadaran Masyarakat terhadap Pendidikan dan Usaha

Sebenarnya, belajar tidak terbatas pada pendidikan formal atau duduk di kelas. Dengan kemajuan teknologi, setiap orang dapat memperoleh pengetahuan yang tak terbatas. Para influencer banyak melakukan tindakan di media sosial untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya belajar.

Ini adalah inisiatif baru dari masyarakat yang disebut “Hadirnya Taman Bacaan Masyarakat”, di mana relawan berkontribusi untuk menyediakan bahanĀ https://www.rijbewijs-kopens.com/ bacaan kepada orang-orang di sekitarnya. Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk meningkatkan minat orang untuk membaca dan membangun masyarakat yang berbudaya baca. Mengakses layanan membaca dan meminjam buku lebih mudah ketika lokasi TBM berada dekat dengan pusat keramaian atau berdampingan dengan rumah.

Solusi Pemerintah untuk Meningkatkan Pendidikan

Di Indonesia, pekerjaan guru, terutama guru honorer, tidak dihargai secara moneter. Hal ini sangat menyedihkan karena tanpa guru, kemajuan dalam ilmu pengetahuan tidak akan terjadi, yang kemudian akan mengarah pada kemajuan di bidang lain. Jadi, pemerintah harus memberikan jaminan kesejahteraan hidup dan dana untuk fasilitas riset dan pengembangan untuk guru dan tenaga pengajar.

Write a Comment

Register

Have an account?